Home / Daerah
Sistim Penyediaan Air Minum di Ibukota Kabupaten Siak di Resmikan Pengoperasiannya
Penulis: Rls humas | Senin, 08 Maret 2021 | 11:07 WIB Dibaca: 307 kali

Berita Terkait
Harga CPO Diselimuti Sentimen Positif
Gubri Buka Seminar Lingkungan
Pengurus JMSI Rohil Resmi Dilantik
Siak Sri Indrapura - Sejak dimulai pembangunannya pada bulan Juli Tahun 2020, akhirnya IPA Baja (Indoor) Kapasitas 20L/Detik dan Jaringan Perpipaan untuk Sistem Penyedia Air Minum Ibu Kota Kecamatan Siak (SPAM IKK) diresmikan pengoperasianya.
 
Peresmian dan serah terima pengelolaan Pembangunan IPA Baja (Indoor) Kapasitas 20L/Detik dan Jaringan Perpipaan untuk SPAM IKK Siak kabupaten Siak, Program Pamsimas III dan Program Sanimas Kabupaten Siak tahun 2020, dilaksanakan di sebelah Vanue BMX, Kecamatan Siak, Rabu (24/2/2021).
 
Dalam arahannya melalui Via Zoom Meeting, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Ir. Diana Kusumastuti, M.T mengatakan permohonan dirinya karena tidak bisa hadir secara langsung.
 
"Salah satu program prioritas Kementerian PUPR adalah Penyediaan Air Minum dan Sanitasi. Oleh karena itu, Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah harus bersinergi bersama-sama", kata Diana Kusumastuti.
 
Untuk memenuhi kebutuhan air minum di Provinsi Riau umumnya dan Kabupaten Siak khususnya, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Riau pada tahun 2020, telah melaksanakan pembangunan IPA Baja (Indoor) untuk sistem persediaan air minum Kapasitas 20L/detik dengan total anggaran pembangunan sebesar 20.8 miliar, dan didukung juga sumber pendanaan dari Pemerintah Kabupaten Siak sebesar 7.5 miliar.
 
"Diharapkan sistem penyedia air minum ini dapat melayani 2.000 unit sambungan rumah. Saya juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Siak agar segera melakukan sambungan kerumah-kerumah", harapan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR dan ucapkan selamat menikmati.
 
Selain itu, ditahun 2020 Pemerintah Kabupaten Siak juga mendapatkan alokasi anggaran dari APBN untuk kegiatan Program Pamsimas III untuk 19 Desa dengan total anggaran 3.783 Miliar.
 
Melalui Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Riau Ichwanul Ihsan mengatakan bahwa kegiatan pembangunan IPA Baja (Indoor) Kapasitas 20L/Detik dan Jaringan Perpipaan untuk SPAM IKK Siak kabupaten Siak, Program Pamsimas III dan Program Sanimas Kabupaten Siak menggunakan anggaran tahun 2020.
 
"Alhamdulillah kegiatan pembangunan tersebut sudah siap 100%. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Siak karena pembangunan IPA Baja (Indoor) telah sukses terlaksana dengan baik," kata Ichwanul Ihsan.
 
Dengan telah selesai pembangunan tersebut, diharapkan dapat langsung dioperasionalkan untuk melayani kebutuhan masyarakat agar mendapatkan kehidupan yang sehat, bersih, dan produktif
 
Pada tahun 2020 telah terealisasikan alokasi angaran pusat di Kabupaten Siak, diantaranya membangun Pamsimas di 19 Desa dengan rincian 11 Reguler dan 8 HID, tidak ada yang HKP. Serta pembangunan 2 Sanimas di kecamatan tualang terlaksana dengan lancar.
 
"Hal tersebut untuk membantu Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) yang sudah kami bangun di Perawang, sehingga bisa beroperasi lebih baik lagi," ucap Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Riau.
 
"Rasanya untuk Indonesia, saya baru mendapati di kabupaten Siak mempersiapakn langsung semua unsur dokumen layak pembangunan seperti IMB dan SLF, dan kabupaten Siak juga sudah melaksanakan sesuai UU Bangunan Gedung nomor 28 tahun 2002, dan Perda Bangunan Gedung serta Perbup tentang Implementasi Penyelenggaraan Bangunan Gedung," ungkap Ichwanul Ihsan. (MC/Humas-Siak)
[ Kembali ]
Advertorial
Pemkab Rohil Serahkan Bantuan Terhadap 14 Rumah Warga yang Kena
Bupati Rohil Afrizal Sintong Buka Festival Drumband Tingkat
Gubri dan Bupati Rohil Hadiri Acara Totau Kenegerian Kubu
Sempena HUT Rohil ke-23, Wabup Rohil H. Sulaiman Lepas
Bupati Rohil Terima Penghargaan Dari SKK Migas
Bupati Afrizal Sintong Hadiri Pelantikan PAC Gerindra
Indeks Berita - Indeks Terpopuler - Redaksi
2018 All Rights Reserved | Zona Riau Kepri